Notification

×

Iklan

Iklan


HARGANAS ke-31: Sinergi Keluarga Menuju Indonesia Emas

Rabu, 07 Agustus 2024 | Agustus 07, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-08-08T02:47:54Z

Palu, infoselebes.com - Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Provinsi Sulteng, Novalina, menghadiri puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) ke-31 Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2024. Acara ini berlangsung di Sriti Convention Hall pada Rabu (7/8/2024).

Mengusung tema “Keluarga Berkualitas Menuju Indonesia Emas”, peringatan HARGANAS kali ini bertujuan untuk memperkuat peran keluarga dalam pembangunan nasional.

Dalam sambutannya, Sekdaprov Novalina mengucapkan selamat datang kepada Sekretaris Utama BKKBN RI, Tavis Agus Rayanto, dan rombongan di Provinsi Sulawesi Tengah, yang dikenal sebagai Negeri Seribu Megalit. "Selamat Hari Keluarga kepada seluruh keluarga di Sulawesi Tengah," ucapnya.

Novalina juga menyoroti pentingnya Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 Tahun 2022 tentang optimalisasi kampung keluarga berkualitas sebagai landasan dalam upaya meningkatkan kualitas keluarga. Berdasarkan hasil Survey Kesehatan Indonesia (SKI) tahun 2023, prevalensi stunting di Sulawesi Tengah mencapai 27,2 persen, lebih tinggi dibandingkan angka nasional sebesar 21,5 persen. Selain itu, angka wasting atau gizi buruk mencapai 12,9 persen, underweight atau gizi kurang sebesar 24,4 persen, dan overweight atau gizi lebih sebesar 2,6 persen.

"Mari kita bersama-sama bersinergi dan berkolaborasi mengurangi stunting dan mencari jalan keluarnya," ajak Novalina.

Ia berharap, melalui momentum peringatan HARGANAS ini, kualitas keluarga di Sulawesi Tengah dapat terus meningkat sebagai bagian dari upaya mewujudkan Sulawesi Tengah yang lebih sejahtera dan maju.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P2KB) Provinsi Sulawesi Tengah, Tuty Zarfiana, dalam laporannya menekankan pentingnya sinergi antara keluarga, stakeholder, dan tokoh masyarakat dalam pembangunan. "Semoga momentum kegiatan hari ini adalah waktu yang tepat untuk merefleksikan pentingnya peran keluarga dalam kehidupan kita," harap Tuty Zarfiana.

Acara ditutup dengan pemberian penghargaan kepada kabupaten dan kota serta stakeholder terkait, serta peluncuran aplikasi Population Clock yang berfungsi untuk mengetahui jumlah penduduk, jumlah kematian, dan jumlah kelahiran secara real-time.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Sekretaris Utama BKKBN RI, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sulteng, Sekretaris Daerah Kota Palu, para Forum Koordinasi Pimpinan Sulawesi Tengah, para Kepala OPD Kabupaten/Kota dan Provinsi, serta mitra kerja dan stakeholder terkait.

GUBERNUR
GUBERNUR BKKBN Disdik Sulteng Bappeda GUBERNUR GUBERNUR PUTR SIGI TANAMAN PANGAN GUBERNUR GUBERNUR SMA BUNTA TMJ GUBERNUR GUBERNUR GUBERNUR
Iklan-ADS

GUBERNUR
close
Banner iklan disini