Notification

×

Iklan

Iklan


Transformasi Demokrasi: Naharuddin Dorong Pemuda Jadi Katalisator Perubahan di KPU Sulawesi Tengah

Minggu, 28 Juli 2024 | Juli 28, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-07-29T04:38:24Z
Infoselebes.com, Palu - KPU Provinsi Sulawesi Tengah menggelar sosialisasi pendidikan pemilih dengan tema "Peran Pemilih pada Segmen Pemuda dalam Peningkatan Partisipasi pada Pemilihan Kepala Daerah Serentak Nasional Tahun 2024" di Swissbell Hotel, Palu, Pada, Senin (29/07/2024). Acara ini dirancang untuk meningkatkan keterlibatan pemuda dalam Pilkada yang akan diadakan pada 27 November 2024.

Dalam kegiatan ini, Naharuddin, SH., MH, mantan Komisioner KPU Sulawesi Tengah selama dua periode, tampil sebagai pemateri. Naharuddin menekankan peran krusial pemuda dalam proses pemilu. “Proses penting dalam dunia pemilu adalah kepemudaan. Lebih dari 60% pemilih kita adalah pemuda, yang berarti mereka memiliki peran penting dalam menentukan arah pemilihan,” ujar Naharuddin.

Menurut Naharuddin, Organisasi Kepemudaan (OKP) tidak boleh dianggap remeh oleh para kandidat. “OKP harus mendapatkan perhatian yang layak. Partisipasi adalah aspek fundamental dalam pemilu. Ini bukan hanya tentang hak suara, tetapi juga bagaimana rakyat yang memiliki hak diberikan kesempatan untuk terlibat dalam setiap tahap pemilihan,” jelasnya.

Naharuddin juga menyoroti bahwa pemilu bukan hanya sekadar proses pencarian kandidat atau teori semata. “Dalam studi teori pemilu, pemilu lebih dari sekadar teori. Ini adalah tentang akuntabilitas publik dari calon pemimpin. Fungsi pemilihan yang paling mendasar bukan hanya untuk merekrut politisi, tetapi juga memastikan bahwa calon pemimpin yang terpilih benar-benar mewakili kepentingan rakyat,” tegasnya.

Acara ini dihadiri oleh 81 peserta yang berasal dari berbagai organisasi mahasiswa dan pemuda di Sulawesi Tengah, termasuk Universitas Tadulako, UIN Datokarama Palu, dan Universitas Muhammadiyah Palu. Naharuddin berharap sosialisasi ini akan memotivasi pemuda untuk berperan aktif dalam proses pemilu dan menjaga kualitas demokrasi.

Dengan sosialisasi ini, KPU Provinsi Sulawesi Tengah berharap dapat membekali pemuda dengan pengetahuan dan semangat untuk terlibat secara aktif dalam Pilkada 2024 dan mendukung demokrasi yang sehat dan adil di Indonesia. (SF).
GUBERNUR
GUBERNUR BKKBN Disdik Sulteng Bappeda GUBERNUR GUBERNUR PUTR SIGI TANAMAN PANGAN GUBERNUR GUBERNUR SMA BUNTA TMJ GUBERNUR GUBERNUR GUBERNUR
Iklan-ADS

GUBERNUR
close
Banner iklan disini