Notification

×

Iklan

Iklan


Tegas! FRAS Sulteng Minta Audit dan Evaluasi Terhadap PT Sawindo Cemerlang

Jumat, 05 Juli 2024 | Juli 05, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-07-05T08:05:45Z
Foto: Eva Bande, Koordinasi FRAS 

Infoselebes.com, banggai- Insiden kriminalisasi petani kembali terjadi di sektor perkebunan sawit pada Selasa, 3 Juli 2024. Sukrin (54), seorang petani asal Batui, menjadi korban intimidasi oleh perwakilan PT Sawindo Cemerlang. Sukrin didorong dan dipukul saat memperjuangkan tanahnya yang telah menjadi sengketa dengan perusahaan tersebut.

Front Rakyat Advokasi Sawit (FRAS) Sulteng, melalui koordinatornya Eva Bande, mendesak Pemerintah Kabupaten Banggai dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah untuk menghentikan seluruh aktivitas PT Sawindo Cemerlang. 

"Praktik kekerasan yang intimidatif seperti ini harus menjadi perhatian khusus bagi Pemerintah. Jangan biarkan bisnis perkebunan sawit beroperasi dengan cara kekerasan. PT Sawindo Cemerlang terus menerus menambah deretan angka kriminalisasi dan intimidasi terhadap para petani," tegas Eva Bande pada 5 Juli 2024.

FRAS Sulteng mencatat bahwa konflik antara petani dan PT Sawindo Cemerlang telah berlangsung hampir 14 tahun. Konflik ini diawali dengan perampasan tanah secara paksa dan ketidakpatuhan perusahaan terhadap sistem kemitraan plasma.

Dalam empat tahun terakhir, dua petani asal Batui, Demas dan Suparman, dipenjarakan oleh perusahaan atas tuduhan pencurian buah sawit. FRAS Sulteng menegaskan bahwa tuduhan tersebut adalah bagian dari upaya intimidasi terhadap petani yang memperjuangkan hak atas tanah mereka.

"Konflik agraria antara petani dan PT Sawindo Cemerlang masih berlarut-larut karena tidak adanya evaluasi serta penyelesaian. Praktik semena-mena oleh perusahaan dan aparat keamanan terhadap petani, serta sikap pembiaran oleh Pemkab Banggai, merupakan pelanggaran hak asasi manusia," jelas Eva Bande.

FRAS Sulteng mendesak Pemerintah Kabupaten Banggai dan Provinsi Sulteng untuk segera bertindak. Mereka juga meminta audit perusahaan dan evaluasi tim pokja yang terkesan membiarkan konflik ini sejak dua tahun lalu.

Reporter: Samsir
Editor : Sofyan 
GUBERNUR
GUBERNUR BKKBN Disdik Sulteng Bappeda GUBERNUR GUBERNUR PUTR SIGI TANAMAN PANGAN GUBERNUR GUBERNUR SMA BUNTA TMJ GUBERNUR GUBERNUR GUBERNUR
Iklan-ADS

GUBERNUR
close
Banner iklan disini