Notification

×

Iklan

Iklan


Peran Kejaksaan dalam Kemerdekaan: FGD Hari Bhakti Adhyaksa ke-64

Selasa, 16 Juli 2024 | Juli 16, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-07-17T01:55:11Z

infoselebes.com, Parigi Moutong - Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Tengah, Dr. Bambang Hariyanto, S.H., M.H., bersama Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Yudi Triadi, S.H., M.H., dan jajaran pejabat struktural serta pegawai Kejati Sulteng mengikuti Focus Group Discussion (FGD) secara virtual dalam rangka peringatan Hari Bhakti Adhyaksa ke-64. Acara yang berlangsung di Aula Kaili, Lt. 6 Kejakti Sulteng, pada Selasa (16/07/2024), mengusung tema "Peran Kejaksaan dalam Perjuangan Mewujudkan Kemerdekaan, Mempertahankan Kemerdekaan, dan Mewujudkan Tujuan Negara".

Pelaksanaan FGD ini merupakan bagian dari rangkaian peringatan Hari Bhakti Adhyaksa ke-64, sesuai dengan Keputusan Jaksa Agung Nomor 142 Tahun 2024 dan Surat Jaksa Agung Nomor B-82/A/SKJA/06/2024. Peringatan tahun ini mengangkat tema besar "Akselerasi Kejaksaan untuk Mewujudkan Penegakan Hukum Modern Menuju Indonesia Emas".

Kegiatan peringatan dilaksanakan dengan sederhana namun khidmat, mencakup Bakti Sosial, Anjangsana, Kegiatan Ilmiah (FGD), Ziarah, Upacara, dan Syukuran yang mendukung tema tahun ini.

Dr. Bambang Hariyanto menyatakan, FGD kali ini bertujuan untuk memperdalam pemahaman tentang sejarah perjuangan Kejaksaan dalam mewujudkan dan mempertahankan kemerdekaan serta mewujudkan tujuan negara. Narasumber yang hadir dalam diskusi ini adalah Iip D. Yahya dan J.J. Rizal, sejarawan dari Universitas Indonesia.

"Mereka memaparkan peran Lima Jaksa Agung pada periode awal setelah kemerdekaan, 1945-1959, yang merupakan tokoh-tokoh terkemuka di Jawa. Perjuangan mereka menjadi fondasi penting bagi perjalanan Kejaksaan hingga hari ini dan masa depan," ungkap Bambang.

Diskusi ini juga diharapkan dapat menambah wawasan pegawai kejaksaan tentang sejarah perjuangan dan peran penting mereka dalam menjaga kemerdekaan serta mewujudkan tujuan negara.

"Untuk mewujudkan SDM Kejaksaan yang berkualitas dan berdaya saing, penting bagi kita untuk memahami bagaimana peran Kejaksaan dalam perjuangan kemerdekaan," tambahnya.

Peringatan Hari Bhakti Adhyaksa ke-64 juga selaras dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional Tahun 2024 (RPJMN 2020-2024), yang menitikberatkan pada Transformasi Ekonomi, Pembangunan Wilayah, SDM Berkualitas dan Berdaya Saing, Revolusi Mental, Pembangunan Infrastruktur, Lingkungan Hidup, dan Kondisi Polhukhankam yang kondusif.

Dengan semangat patriot dan mental yang kuat, Kejaksaan berkomitmen menuju Indonesia Emas tahun 2045.

GUBERNUR
GUBERNUR BKKBN Disdik Sulteng Bappeda GUBERNUR GUBERNUR PUTR SIGI TANAMAN PANGAN GUBERNUR GUBERNUR SMA BUNTA TMJ GUBERNUR GUBERNUR GUBERNUR
Iklan-ADS

GUBERNUR
close
Banner iklan disini