Notification

×

Iklan

Iklan


Pemuda sebagai Agen Perubahan: KPU Sulawesi Tengah Dorong Partisipasi Aktif dalam Pilkada 2024

Minggu, 28 Juli 2024 | Juli 28, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-07-29T03:14:17Z
Infoselebes.com, Palu
- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Tengah mengadakan sosialisasi pendidikan pemilih bertema "Peran Pemilih pada Segmen Pemuda dalam Peningkatan Partisipasi pada Pemilihan Kepala Daerah Serentak Nasional Tahun 2024" di Swissbell Hotel, Palu, Senin, (29/07/2024). Acara ini bertujuan untuk mendorong partisipasi aktif pemilih muda dalam Pilkada yang akan digelar pada 27 November 2024.

Sosialisasi ini dihadiri oleh 81 peserta yang terdiri dari perwakilan organisasi mahasiswa dan pemuda di Sulawesi Tengah, termasuk Universitas Tadulako, UIN Datokarama Palu, dan Universitas Muhammadiyah Palu. Keberagaman institusi ini menunjukkan besarnya perhatian dan antusiasme kalangan pemuda terhadap proses demokrasi.

Acara dibuka oleh DR. Nisbah, M.Si, dari Divisi Parhupmas dan SDM KPU Provinsi Sulawesi Tengah. Dalam sambutannya, DR. Nisbah menekankan peran penting pemuda dalam proses demokrasi. "Agenda ini sangat strategis karena pemuda adalah komponen kunci dalam masyarakat. Mereka tidak hanya sebagai peserta pemilu tetapi juga sebagai pemilih aktif. Pemuda harus memahami dan terlibat dalam setiap tahap pilkada, mengingat Sekmen pemuda adalah komponen strategis dalam masyarakat" ujar DR. Nisbah.

DR. Nisbah juga menyoroti potensi besar yang dimiliki pemuda sebagai agen perubahan. "Dengan pengetahuan yang tepat dan kesadaran akan pentingnya partisipasi dalam pemilu, pemuda dapat mendorong perubahan positif dalam komunitas mereka. Kami berharap kegiatan ini akan memotivasi pemuda untuk terlibat aktif dalam proses demokrasi,” tambahnya.

Selain itu, DR. Nisbah berharap agar pemuda dapat memanfaatkan pengetahuan yang diperoleh dari sosialisasi ini untuk meningkatkan kualitas pemilihan. "Pemuda harus memiliki informasi yang akurat untuk membuat keputusan yang bijaksana dalam pemilu. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi sarana bagi pemuda untuk memahami hak dan kewajiban mereka sebagai pemilih."

Selama acara, peserta diberikan berbagai materi mengenai jumlah DPT, TPS dan Tahap Pilkada Serentak, pentingnya suara mereka dalam demokrasi, serta cara-cara untuk mempengaruhi proses pemilu dengan cara yang positif. Interaksi langsung dengan narasumber dan diskusi juga menjadi bagian dari program untuk memperdalam pemahaman peserta.

KPU Provinsi Sulawesi Tengah juga mengapresiasi partisipasi aktif dari berbagai organisasi mahasiswa dan pemuda. "Kehadiran perwakilan dari berbagai institusi pendidikan menunjukkan komitmen bersama untuk menciptakan pemilih yang cerdas dan bertanggung jawab. Ini adalah langkah awal yang baik untuk memastikan bahwa Pilkada mendatang akan dihadapi dengan penuh kesadaran," kata DR. Nisbah.

Dengan harapan bahwa sosialisasi ini dapat memberikan wawasan dan dorongan bagi pemuda, KPU Provinsi Sulawesi Tengah berkomitmen untuk terus melibatkan generasi muda dalam menjaga proses demokrasi yang sehat dan adil di Indonesia. Acara hari ini diharapkan menjadi momentum bagi pemuda untuk berperan aktif dalam Pilkada 2024 dan seterusnya. (SF)
GUBERNUR
GUBERNUR BKKBN Disdik Sulteng Bappeda GUBERNUR GUBERNUR PUTR SIGI TANAMAN PANGAN GUBERNUR GUBERNUR SMA BUNTA TMJ GUBERNUR GUBERNUR GUBERNUR
Iklan-ADS

GUBERNUR
close
Banner iklan disini