Notification

×

Iklan

Iklan


Pemerintah Kabupaten Sigi Tingkatkan Keamanan Siber Pasca Peretasan Pusat Data Nasional

Kamis, 18 Juli 2024 | Juli 18, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-07-18T11:37:55Z

Infoselebes.com, Sigi - Pemerintah Kabupaten Sigi melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) terkait pengelolaan website perangkat daerah setelah peretasan Pusat Data Nasional (PDN) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI. Rakor ini dibuka oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Mohamad Riyadh, didampingi oleh Kepala Dinas Kominfo Sigi, Samsir, serta Kepala Bidang E-Government, Aldisyar. Acara berlangsung di Aula Kantor Bupati Sigi di Bora, Kamis sore, (18/072024).

Dalam sambutannya, Mohamad Riyadh menekankan pentingnya keamanan siber dalam pengelolaan data pemerintah daerah. "Peretasan yang terjadi pada Pusat Data Nasional Kemenkominfo menjadi peringatan bagi kita semua untuk lebih waspada dan meningkatkan sistem keamanan siber di masing-masing perangkat daerah," ujarnya.

Samsir, Kepala Dinas Kominfo Sigi, dalam paparannya menggarisbawahi langkah-langkah strategis yang harus diambil guna mencegah kejadian serupa. "Kami akan melakukan audit menyeluruh terhadap sistem keamanan website perangkat daerah dan memperkuat kerja sama dengan berbagai pihak terkait untuk meningkatkan ketahanan siber," katanya. Ia juga menambahkan pentingnya pemahaman terkait jaringan bagi OPD dan pemerintah kecamatan.

Selain itu, Aldisyar, Kepala Bidang E-Government, menyampaikan pentingnya pelatihan dan peningkatan kapasitas sumber daya manusia di bidang teknologi informasi. "Tidak hanya teknologi yang harus diperkuat, tapi juga kemampuan dan kewaspadaan para pengelola website di setiap perangkat daerah. Pelatihan rutin dan pembaruan pengetahuan sangat diperlukan," jelasnya.

Rakor ini juga dihadiri oleh perwakilan dari berbagai perangkat daerah di Kabupaten Sigi, yang secara aktif berdiskusi dan bertukar pengalaman mengenai pengelolaan website serta upaya pencegahan peretasan. Pemerintah Kabupaten Sigi berkomitmen untuk terus meningkatkan keamanan siber dan memastikan bahwa pelayanan kepada masyarakat dapat berjalan dengan aman dan lancar, tanpa gangguan dari ancaman peretasan. **

GUBERNUR
GUBERNUR BKKBN Disdik Sulteng Bappeda GUBERNUR GUBERNUR PUTR SIGI TANAMAN PANGAN GUBERNUR GUBERNUR SMA BUNTA TMJ GUBERNUR GUBERNUR GUBERNUR
Iklan-ADS

GUBERNUR
close
Banner iklan disini