Notification

×

Iklan

Iklan


Pembangunan SMAN 2 Bahodopi: Solusi untuk Lonjakan Siswa di Lingkar Tambang Morowali

Kamis, 25 Juli 2024 | Juli 25, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-07-26T01:34:49Z

Infoselebes.com, Palu – Dinas Pendidikan (Disdik) Sulawesi Tengah berencana membangun Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 2 Bahodopi di Kabupaten Morowali. Pembangunan ini dijawab sebagai kebutuhan mendesak karena peningkatan jumlah penduduk akibat aktivitas tambang di wilayah tersebut.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Tengah, Yudiawati V Windarrusliana, menyatakan pentingnya pembangunan sekolah ini untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di area lingkar tambang, agar anak-anak mereka dapat mengakses pendidikan yang layak. Saat ini, hanya ada satu SMA di Bahodopi, sementara jumlah siswa yang membutuhkan pendidikan di SMA sangat banyak, mengingat banyaknya keluarga yang pindah ke Bahodopi.

"Kami telah merencanakan pembangunan SMA Negeri 2 Bahodopi dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Morowali. Lokasinya sudah kami cek, namun permasalahan utama adalah sertifikasi tanah. Salah satu persyaratan untuk pendirian sekolah adalah tanah yang dihibahkan oleh masyarakat harus sudah bersertifikat atas nama Dinas Pendidikan Provinsi Sulteng," ujar Yudiawati pada Selasa (23/7/2024).

Menurut Yudiawati, jika sertifikat tanah sudah diterima, izin operasional sekolah tidak akan sulit diperoleh. Tahun depan, Disdik Sulteng berencana membangun minimal tiga ruang kelas baru (RKB), dan pada tahun 2026 sekolah ini bisa mendapatkan intervensi melalui bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK).

Pembangunan SMAN 2 Bahodopi diharapkan mampu meningkatkan akses pendidikan bagi anak-anak di kawasan lingkar tambang dan membantu mengatasi lonjakan jumlah siswa akibat migrasi keluarga ke wilayah tersebut. Langkah ini juga mencerminkan komitmen pemerintah dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Sulawesi Tengah.

Rep : Agus 
Editor : Sofyan

GUBERNUR
GUBERNUR BKKBN Disdik Sulteng Bappeda GUBERNUR GUBERNUR PUTR SIGI TANAMAN PANGAN GUBERNUR GUBERNUR SMA BUNTA TMJ GUBERNUR GUBERNUR GUBERNUR
Iklan-ADS

GUBERNUR
close
Banner iklan disini