Notification

×

Iklan

Iklan


Dari Sejarah Heroik ke Ambisi Emas: Sulawesi Tengah Bersiap di PON 2024

Selasa, 30 Juli 2024 | Juli 30, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-07-30T07:06:06Z

infoselebes.com, Palu – Dalam sambutannya yang penuh semangat di acara Ramah Tamah bersama kontingen Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) Tahun 2024 di Hotel Santika Luwuk pada Senin malam (29/7/2024), Gubernur Rusdy Mastura mengisahkan perjuangan epik para atlet yang menjadi fondasi lahirnya Provinsi Sulawesi Tengah.

Sejarah Gemilang di PON V Bandung

Gubernur mengingat kembali momen bersejarah ketika kontingen Sulawesi Tengah pertama kali tampil terpisah dari provinsi induk Sulawesi Utara Tengah di PON V Bandung. Meskipun belum resmi menjadi provinsi otonom, perjuangan para atlet tetap membara.

“Andi Raga Petalolo, tokoh penting yang bertemu langsung dengan Menteri Olahraga saat itu, Maladi, untuk memperjuangkan agar kita bisa berlaga dengan nama Sulawesi Tengah,” kenang Gubernur. Nama Andi Raga Petalolo pun diabadikan sebagai bentuk penghormatan atas jasa-jasanya.

Perak Bersejarah dari Poso

Kejutan manis pun hadir ketika pelari Poso, Arie Samana, berhasil mempersembahkan medali perak dalam cabang lari 10.000 meter di PON V. Prestasi ini menjadi tonggak sejarah yang diharapkan Gubernur dapat memotivasi para atlet pelajar untuk mencapai prestasi gemilang di POPDA.

Harapan untuk POPDA dan Masa Depan Atlet

Gubernur Rusdy Mastura menaruh harapan besar bahwa dalam 5 sampai 10 tahun mendatang, para atlet pelajar akan menjadi tulang punggung olahraga Sulawesi Tengah, membawa kejayaan dan kehormatan di panggung nasional.

"Semoga POPDA bisa menjadi embrio untuk melahirkan atlet-atlet nasional," ujarnya penuh harap.

Target Ambisius di PON 2024

Tak main-main, Gubernur optimis dengan persiapan kontingen Sulawesi Tengah melalui Puslatda. Targetnya adalah membawa pulang 10 medali emas dan masuk lima besar nasional di PON 2024.

"Kita satukan tekad, karena jika ada semangat, pasti kita bisa," tegasnya, memompa semangat bertanding kontingen POPDA kabupaten kota.

Dukungan dari Wakil Bupati Banggai

Wakil Bupati Banggai Furqanuddin Masulili turut menyuarakan harapannya agar POPDA menjadi lumbung atlet berprestasi. Ia juga berterima kasih atas kepercayaan Gubernur Rusdy Mastura untuk menjadi tuan rumah acara-acara tingkat provinsi seperti POPDA.

"Saya berharap para kontingen menjaga kesehatan, kekompakan, dan kebersamaan supaya kegiatan dapat diikuti dengan kondisi sehat dan bahagia," pesannya.

Malam Penuh Keakraban dan Hiburan

Acara ramah tamah ini berlangsung dengan penuh keakraban dan kegembiraan, ditambah dengan hiburan dari Gubernur yang turut bernyanyi. Hadir dalam acara ini, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sulteng Vera Rompas Mastura, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Banggai, Pj Sekda Banggai Ramli Tongko, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sulteng Irvan Aryanto, serta para Kadispora kabupaten kota dan mitra kerja.

Editor : Sofyan

Source : Biro Administrasi Pimpinan/PPID Pelaksana

GUBERNUR
GUBERNUR BKKBN Disdik Sulteng Bappeda GUBERNUR GUBERNUR PUTR SIGI TANAMAN PANGAN GUBERNUR GUBERNUR SMA BUNTA TMJ GUBERNUR GUBERNUR GUBERNUR
Iklan-ADS

GUBERNUR
close
Banner iklan disini