Notification

×

Iklan

Iklan


Dinas TPH Sigi Rehabilitasi Jalan Pertanian dan Perkebunan: Dorong Pertumbuhan Ekonomi Lokal

Minggu, 23 Juni 2024 | Juni 23, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-06-23T08:33:48Z

infoselebes.com, Sigi - Dinas Tanaman Pangan Hortikultura (TPH) dan Perkebunan Kabupaten Sigi berencana melaksanakan peningkatan kapasitas atau rehabilitasi beberapa titik jalan di kawasan pertanian. Langkah ini bertujuan untuk peningkatan produktivitas atau produksi baik tanaman pangan, hortikultura maupun perkebunan serta memperlancar mobilisasi kendaraan yang mengangkut hasil produksi dari lahan menuju penyimpanan dan tempat pengolahan.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Bidang Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Dinas TPH Sigi, Ilham, SP, MP kepada Infoselebes.com pada Jumat (21/6/2024).

"Program ini mencakup tiga item pekerjaan yang dilakukan secara swakelola berdasarkan sistem menu dana alokasi khusus berbasis kawasan," ujar Ilham. "Pekerjaan tersebut meliputi pembangunan jalan usaha tani (JUT) di sektor hortikultura, pembangunan jalan kantong produksi perkebunan, dan pelengkap irigasi seperti pintu air."

Ilham menjelaskan, kegiatan pembangunan jalan kantong produksi perkebunan akan menyasar wilayah Kecamatan Dolo, Kecamatan Kulawi, dan Kulawi Selatan. Sementara itu, pembangunan pintu air untuk wilayah pangan akan dilakukan di Palolo, Nokilalaki, Kulawi, dan Kulawi Selatan. Pembangunan jalan usaha tani (JUT) akan tersebar di Kecamatan Dolo, Sigi Biromaru, dan Palolo.

Selain proyek tersebut, ada juga kegiatan revitalisasi Rice Milling Unit (RMU) dan pembangunan vertikal dryer yang akan dilaksanakan oleh Gapoktan Desa Uenuni di Kecamatan Palolo. Proyek ini dilengkapi dengan peralatan yang diperoleh melalui e-katalog.

Ilham menambahkan, "Tahapan proyek ini sudah dimulai dengan sosialisasi kepada kelompok tani penerima, para fasilitator, dan penyuluh pertanian lapangan (PPL). Saat ini, kami sedang mempersiapkan Surat Perintah Kerja (SPK). Kemungkinan awal bulan Juli sudah mulai pelaksanaan pekerjaan."

Dengan adanya proyek ini, diharapkan mobilisasi hasil produksi pertanian dan perkebunan di Kabupaten Sigi dapat berjalan lebih lancar dan efisien, sehingga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi lokal.

Reporter : Agus
Editor : Sofyan

GUBERNUR
GUBERNUR BKKBN Disdik Sulteng Bappeda GUBERNUR GUBERNUR PUTR SIGI TANAMAN PANGAN GUBERNUR GUBERNUR SMA BUNTA TMJ GUBERNUR GUBERNUR GUBERNUR
Iklan-ADS

GUBERNUR
close
Banner iklan disini