Notification

×

Iklan

Iklan


Delapan OPD Kecamatan Pemda Sigi, Ikuti Rakor Penyusunan Publish Data dan Perangkat Daerah

Jumat, 03 Mei 2024 | Mei 03, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-05-03T10:43:31Z

Infoselebes.com, Sigi
- Dalam rangka pentingnya peranan data yang representatif untuk melihat keadaan, memantau dan mengevaluasi hasil-hasil yang telah dilaksanakan, Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan Riset dan Inovasi Daerah (Bapperida) Kabupaten Sigi, Mokh. Irjik Abd. Ghoni, memimpin rapat kerja koordinasi percepatan pemenuhan dan publishing data Kecamatan. 

Rakor tersebut guna menindaklanjuti surat edaran Pemerintahan Kabupaten Sigi ditandantangani Sekretaris Daerah, Nuim Hayat, terkait penyusunan publish data perangkat daerah. 

Sebanyak 8 Camat didampingi pihak operator/penanggung jawab website, mengikuti rakor yang berlangsung di Aula Kantor Bupati Sigi di Bora, Jumat siang, (3/5/2024) waktu setempat.

Diskominfo Sigi yang merupakan bagian tak terpisahkan dalam hal informasi dan pengelolaan website, turut serta didalamnya.

"Terkait pengelolaan Informasi yang dimaksud yaitu semua aktivitas kegiatan, pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan, itu semua boleh di publish. Seperti contoh Halal BI Halal, rapat koordinasi, ceremony Pemda, pertanian, peternakan hingga info-info yang bersifat kebencanaan. Silahkan pihak OPD publish. Bukan aktivitas perorangan atau pribadi," kata Sekdis Kominfo Sigi, Jemy Ferdinand Tompira selaku pemateri dihadapan peserta rapat.

Selaku Dinas Kominfo, kata Jemy, untuk data, pihaknya mencoba memverifikasi terlebih dahulu.

"Terlebih dahulu kami akan koordinasi ke pihak Bapperida yang selanjutnya merekomendasi mungkin data-data apa saja yang akan kita publish di website," imbuhnya.

Sementara Bapperida Sigi melalui Sekdis, Irjik meneruskan amanat pimpinan dalam hal Ini Bupati Mohamad Irwan, Wabup Samuel Yansen Pongi dan Sekab Nuim Hayat, menekankan bahwa penanggung jawab pengelolaan website di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kecamatan adalah Pegawai Negeri Sipil atau PNS.

"Pimpinan mengintruksikan kita perihal penanggungjawab website itu besik ASN bukan tenaga kontrak,`` pesan Irjik.

Meski demikian, kata Irjik, keterlibatan tenaga kontrak dalam mendampingi mereka (Red Pegawai Negeri Sipil), itu perlu.

"Pihak tenaga kontrak untuk membantu itu penting, mengingat mereka juga tau dan kuasai IT. Apalagi pengelolaan website. Olehnya diharapkan kepada ASN kiranya didampingi tenaga kontrak jika belum terlalu menguasai IT``. tutupnya. 

Informasi tambahan, peran data dalam siklus perencanaan pembangunan diawali dengan (1) penyusunan data, (2) penetapan rencana, (3) pengendalian dan pelaksanaan rencana dan (4) evaluasi pelaksanaan rencana. 

Oleh karena itu, data yang akan disiapkan harus tepat, cepat dan valid dengan tahapan-tahapan yang dapat dipertanggungjawabkan.

Berikut langkah-langkah dalam penyiapan data, diantaranya :

Menentukan spesifikasi data yang diinginkan, menyiapkan desain, penyiapan instrumen pengumpulan data berdasarkan SOP (Standar Operasional Prosedur), penyiapan dokumen-dokumen untuk pengumpulan dokumen, collecting/pengumpulan data (dapat dilakukan melalui turun lapangan dan dari dokumen-dokumen), proses penyempurnaan (data dari perangkat daerah/lapangan yang selanjutnya diklasifikasikan, validasi, analisis dan di evaluasi) dan publikasi atau rilis.

Sehingga nantinya dapat memberikan pengetahuan dan teknis terkait dengan pengelolaan data, agar data yang tersedia dapat lebih valid, tepat dan cepat sehingga terwujudnya Kabupaten Sigi Berdaya Saing, Berbasis Agribisnis. ()


SUMBER : PIKP & PERSANDIAN
GUBERNUR
GUBERNUR BKKBN Disdik Sulteng Bappeda GUBERNUR GUBERNUR PUTR SIGI TANAMAN PANGAN GUBERNUR GUBERNUR SMA BUNTA TMJ GUBERNUR GUBERNUR GUBERNUR
Iklan-ADS

GUBERNUR
close
Banner iklan disini